GERAKAN-GERAKAN BRAIN GYM

Shared of Information

Dibawah ini adalah gambar otak, bayangkan kita menghadap seseorang melihat otak orang tersebut. Belahan kiri aktif bila kita menggunakan badan sisi kanan. Belahan kanan aktif bila kita menggunakan badan sisi kiri.

Keterangan Gambar

  1. GERAKAN MENYEBERANGI GARIS TENGAH

a. Gerakan Silang ( Cross Crawl )

Gerakan ini menyilang antara gerakan tangan kanan bersamaan dengan kaki kiri dan tangan kiri bersamaan dengan kaki kanan. Bergerak ke depan, ke samping, ke belakang, atau jalan di tempat. Untuk ”menyeberangi garis tengah”sebaiknya tangan menyentuh lutut yang berlawanan. Fungsi : Gerakan menyeberangi ini membantu menggunakan kedua belahan otak secara bersamaan dan harmonis

b. Angka 8 Tidur

Gerakan ini membuat angka 8 tidur sebanyak 3 kali tiap tangan, kemudian 3 kali dengan kedua tangan. Fungsi : Bagi yang pelupa ( seperti lupa dengan apa yang hendak dikatakan atau membaca sampai halaman berapa ).

c. Coretan Ganda

Gerakan menggambar dengan kedua tangan pada saat yang sama, ke dalam, ke luar, ke atas, ke bawah. Fungsi : menumbuhkan bakat seni, merelakskan mata dan tangan, mempermudah menulis.

d. Gajah

Gerakan membuat belalai dengan menekuk lutut sedikit, letakan telinga di atas bahu dan rentangkan tangan lurus ke depan. Membayangkan tangan menjadi belalai gajah yang menyatu dengan kepala.
Fungsi : membuat mata dan leher menjadi relaks, menjadi pendengar yang baik.

e. Pernafasan Perut

Gerakan dengan meletakkan tangan di perut.Embuskan nafas pendek, lalu ambil nafas dalam dan hembuskan pelan-pelanseperti balon yang ditiup. Tangan mengikuti gerakan perut, naik waktu mengambil dan turun waktu membuang nafas. Bila punggung ditegakkan setelah mengambil nafas, udara akan bisa masuk lebih dalam lagi.

  1. GERAKAN MEREGANGKAN OTOT ( LENGTHENING ACTIVITIES )

a. Pompa Betis

Gerakan dengan memajukan badan ke depan dan buang nafas, pelan-pelan telapak kaki belakang ke lantai, kemudian angkat tumit ke atas sambil ambil nafas dalam. Ulangi 3x tiap kaki. Semakin maju, menekuk lutut depan, peregangan otot di betis belakang lebih terasa. Fungsi : membantu lebih semangat dalam belajar dan bergerak, kemampuan bekerja dalam media yang multi dimensi dan multi arah.

b. Pasang Kuda-kuda

Gerakan mulai dengan kaki terbuka. Arahkan kaki ke kanan dan kaki kiri tetap lurus ke depan. Tekuk lutut kanan sambil buang nafas, lalu ambil nafas waktu lutut kanan diluruskan kembali. Pinggul ditarik ke atas. Gerakan ini ulangi 3x, kemudian ganti dengan kaki kiri. Fungsi : membantu konsentrasi pada apa yang sedang dikerjakannya, juga mengingat kembali apa yang dipelajari.

  1. GERAKAN MENINGKATKAN ENERGI ( ENERGY EXERCISE )

a. Menguap Berenergi

Gerakan memijat otot-otot di sekitar persendian rahang sambil membuka mulut seperti hendak
menguap. Atap impuls spontan menguaplah dengan bersuara untuk melemaskan otot-otot
tersebut. Fungsi : agar suara relaks, membantu menciptakan musik

b. Pasang Telinga

Gerakan ini memijit pelan-pelan daun telinga, 3x dari atas ke bawah.
Fungsi : membantu konsentrasi, mendengar suara sendiri waktu berbicara atau menyanyi.

  1. PENGUATAN SIKAP ( DEEPENING ATTITUDES )

a. Kait Relaksasi

Ada 2 tahap : Pertama, letakkan kaki kiri di atas kaki kanan dan tangan kiri diatas tangan kanan dengan posisi jempol ke bawah, jari-jari kedua tangan salang menggenggam, kemudian tarik kedua tangan kea rah pusat dan terus ke depan dada. Tutuplah mata dan pada saat menarik nafas lidah ditempelkan di langit-langit mulut dan dilepaskan lagi pada saat mengembuskan nafas.Tahap kedua, buka silangan kaki dan ujung- ujung jari kedua tangan saling bersentuhan secara halus, di dada atau di pangkuan, saling bernafas dalam 1 menit lagi.

b. Titik positif

Gerakan menyentuh Titik Positif yang berupa dua tonjolan di tengah dahi.
Fungsi : merasa lebih tenang dan dapat berbuat sesuatu untuk menuju tujuan, mengurangi rasa tegang, takut dan kuatir.

”MAKIN LINCAH ANAK BERGERAK, MAKA MAKIN MAMPU BELAJAR ”

One thought on “GERAKAN-GERAKAN BRAIN GYM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *